Wibawa bukan dari senjata

7 Jul 2010

Rencana mempersenjatai Satpol PPdengan salah satu argumen penting untuk menegakkan Perda menggelikan dan lebih berkesan pemerintah daerah tidak berdaya. Tidak berwibawa, sehingga penegakkan aturan pun harus dengan senjata. SENJATA! Tidak ada senjata yang dibuat sekedar untuk hiasan atau lambang; senjata hanya untuk melumpuhkan LAWAN dalam pertarungan.

Kesan buruk lainya: betapa liarnya rakyat sehingga untuk menegakkan aturanpun perlu senjata. Polisi masih bisa diterima akal sehat wajar; memang perlu senjata. Kadang-kadang polisi berhadapan dengan pihak lain yang bersenjata dan sangat berbahaya jika tidak segera dilumpuhkan. Militer bersenjata, juga sangat masuk akal. Mempertahankan kedaulatan hampir wajib bersenjata. Tapi jika Satpol-PP dipersenjatai dengan dalih untuk menegakkan perda, sulit diterima akal sederhana. Kecuali disimpulkan bahwa Satpol PP telah memposisikan dirinya sebagai lawan dari masyarakat dan masyarakat telah mendeklarasikan perlawanan total atas Perda.

Perda disahkan penguasa daerah setelah disetujui dewan daerah. Semestinya semua keputusan yang dibuat semata-mata kepentingan masyarakat. Logika sederhana, jika Perda itu harus ditegakkan dengan senjata (yang berarti sudah ada perlawanan membahayakan dari masyarakat) berarti Perda itu tidak bisa diterima masyarakat alias tidak mencerminkan kepentingan publik. Logika simpel lanjutan; cabut Perda itu. Bukannya dipaksakan aplikasinya dengan senjata api.

Ketidakmampuan menegakkan aturan dengan pendekatan budaya non melumpuhkan (menjaga aturan tanpa senjata api), semestinya diperbaiki dengan memperbaiki kualitas produk: arahkan Perda sepenuhnya atas nama kepentingan masyarakat dan konsisten melaksanakanya, bukan dengan melengkapi Satpol PP dengan senjata api.

Masyarakat bukan musuh satpol PP yang harus dieliminasi. Ketidakmampuan memberikan sosialisasi harusnya diatasi dengan peningkatan kualitas pegawai pemda yang bertanggung jawab mensosialisasikan perda. Senjata tidak bisa menimbulkan wibawa, hanya bisa menimbulkan rasa takut yang menstimulasi keberanian nekat tanpa perhitungan.


TAGS satpol PP senjata api Perda


-

Author

Follow Me