Merdeka

17 Aug 2010

Saat di mana sebuah negara meraih hak kendali penuh atas seluruh wilayah bagian negaranya,

Begitu kata wiki Indonesia. Sederhana saja, hanya kendali penuh atas seluruh wilayah. Dengan definisi yang sesederhana ini saja bangsa ini belum memenuhi kriteria merdeka. Bukan hanya minimnya kekuatan penjaga. Kekuatan moril mungkin sudah lebih dari cukup untuk menjaga kedaulatan. Kekuatan nyata (alutsista) masih sangat diragukan.
Kalau begitu kita refer ke pembukaan konsitusi. Salah satu point penting adalah kewajiban pemerintah untuk memajukan kesejahteraan umum. Sudah tercapai? Tentu saja relatif. Lagipula bunyinya tidak numerik. Tidak berbunyi pendapatan per kepala 25o gram emas murni tapi memajukan kesejahteraan umum. Majunya sebesar apa, atau umum yang mana, tidak dirinci dengan jelas. Jadi siapapun yang memerintah bisa ngeles telah berhasil memajukan kesejahteraan umum, karenanya pemerintahannya tidak gagal.

Jika diluaskan menjadi terbebas dari cengkeraman pemerintahan asing, secara de jure kita memang sudah merdeka. 100% pemerintahan Indonesia bukanlah orang asing. Bahwa pengaruh dari pihak asing dalam menjalankan pemerintahan, itu soal lain. Salah sendiri kita berhutang besar, tidak dapat disalahkan jika pemiutang ikut mengendalikan. Mereka tentu khawatir jika salah menjalankan pemerintahan nantinya hutang-hutang tidak terbayar. Atau molor pelunasannya.

Juga salah sendiri bangsa ini tidak cukup percaya diri untuk tidak begitu saja terseret arus budaya global yang mahal dan boros untuk ukuran negara berkembang. Jadilah banyak kekayaan dibelanjakan dalam rangka meniru perilaku negara asing yang sudahlebih dulu maju dan sejahtera.

Jadi, sudah merdekakah kita? Sudah! Jika kriterianya adalah pengumuman (proklamasi) kemerdekaan. Sudah 65 tahun yang lalu memerdekakan diri. Tentang tujuan pendirian negara ini; bukannya belum tercapai (ngeles lagi) tapi targetnya memang terus diperluas dan dipertinggi. Wajar saja kita masih tertatih-tatih mengejar kesejahteraan umum, dan tujuan-tujuanlain pendirian negara ini. Kata petinggi yang paling tinggi juga, jangan terus mengkritik dan memprotes, hargai kerja selama ini. Padahal kritik atas jalannya pemerintahan adalah bentuk penghargaan sekaligus pendorong jangan sampai merdeka hanya punya bendera dan lagu kebangsaan.


TAGS merdeka


-

Author

Follow Me